arlina

Benda Budaya : Apakah hanya Candi ?

In The Geneva Laws, The Hague Laws on December 19, 2008 at 9:28 am

Oleh : Arlina Permanasari

Pertanyaan di atas akhirnya saya jadikan judul postingan ini, karena ada yang bertanya,  ‘apakah benda budaya itu cuma candi’ ? Dalam postingan sebelumnya, berdasarkan Roerich Pact 1935 maupun Hague Convention 1954, maka benda-benda budaya (cultural property) tentu saja tidak hanya terdiri dari candi-candi saja, tetapi juga meliputi dan tidak hanya terbatas pada gedung atau bangunan-bangunan lainnya sebagaimana yang tercantum dalam ke dua perjanjian tersebut.

Hal yang ikut memacu saya untuk menulis artikel ini adalah, ketika saya menemukan foto hasil jepretan Stephan Mosel tentang lambang perlindungan pada sebuah perpustakaan Innsbruck, Austria.

Perpustakaan Innsbruck

Perpustakaan Innsbruck

Sebagaimana dapat dilihat pada fotonya, perpustakaan Innsbruck telah memasang lambang perlindungan sebagai benda budaya pada pintu masuknya.

Lambang benda budaya

Lambang benda budaya

Hal ini memang dapat dibenarkan, karena gedung atau institusi pendidikan dan ilmu pengetahuan dapat dikategorikan sebagai benda budaya. Saya lama merenung… Bukan. Bukan tentang perpustakaan Innsbruck itu. Tapi tentang banyaknya benda budaya yang tersebar di negeri tercinta ini. Betapa banyak benda budaya yang tidak (belum) memasang lambang perlindungan itu ? Padahal, banyak diantaranya memang didirikan pada masa baheula, bahkan lebih lama lagi. Tidak sekedar sebuah perpustakaan tua. Benda-benda budaya ini, tentu segera harus mendapatkan perlindungan, setidaknya dengan memasang lambang perlindungannya terlebih dahulu pada masa damai sehingga jika terjadi sengketa bersenjata, para pihak tahu bahwa benda, gedung atau suatu tempat merupakan benda budaya yang harus dilindungi dan tidak boleh dijadikan sasaran serangan. Mensosialisasikan suatu benda atau gedung sebagai benda budaya pada waktu damai tentu perlu waktu, dan hal itu harus dimulai kapan lagi jika tidak dari sekarang…

Image : Courtesy of Stephan Mosel (Moe) at Flickr.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: